Rabu, 27 Maret 2013

Contoh Auto-boigrafi


TUGAS BAHASA INDONESIA
Autobiografi



Nama               : Naili Makarima
Kelas               : XI IPA 1
No. Absen       : 20

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menceritakan tentang pengalaman hidup saya melalui Autobiografi ini.

              Nama lengkap saya Naily Makarima. Saya biasa dipanggil Ima oleh keluarga dan orang orang terdekat. Dan saya biasa memanggil diri saya dengan sebutan itu, tetapi sejak SMP saya dipanggil Naily. Entahlah.. saya juga tidak tahu tentang itu . Naily berasal dari bahasa arab yang berarti Memperoleh dan Makarima juga berasal dari bahasa arab yaitu Karimah yang artinya Kemuliaan. Mungkin saja, orang tua saya berharap saya memperoleh kemuliaan sesuai dengan arti nama saya . Nama itu diberikan Bapak saya sebelum saya lahir.
Ibu melahirkan saya di Blora, 26 Februari 1996. Saya terlahir dengan kulit sawo matang. Sejak kecil saya mempunyai rambut yang lurus dan lembut serta bertubuh kecil tapi berisi. Ciri khas saya sangat Asia sekali.
Kini rumah saya beralamat di Desa Gedongsari, Dukuh Mbadong RT 01/02, Banjarejo-Blora. Dulu, rumah saya pindah-pindah.
Bapak saya, Abdul Aziz, hanya seorang Guru Swasta . Sedangkan ibu saya, Sutini, juga seorang Guru Agama Swasta sekaligus seorang ibu rumah tangga yang baik. Saya anak ke 2 dari 3 bersaudara. Tentu saudara saya adalah seorang kaka dan seorang adik. Mereka perempuan. Kakak saya, Anabila Fikriya, sekarang kuliah di UNIROW, Tuban jurusan PGSD (Pendidikan Guru SD), Sedangkan adik saya, Naila Rizqiya baru kelas VII di Mts Negeri Lasem dan sekaligus mondok di Pondok Pesantren Nailunnajah, Lasem. Suasana keluarga kami sangat berisik bila kami berkumpul, tapi di samping itu banyak hal yang baru dan menyenangkan. Apalagi bila bersama dengan keluarga besar saya.
                Kenangan yang paling berkesan dan masih saya ingat hingga sekarang ialah ketika saya menginjak bangku SD.
Pada waktu itu saya kelas 3 SD. Dulu, waktu kecil saya hobi sekali memanjat, tak terkecuali memanjat pohon kersen. Didepan rumah saya ada pohon kersen. Saya mengajak teman teman saya untuk memanjat bersama, tetapi tidak ada yang mau. Akhirnya saya memutuskan utnuk memanjat seorang diri. Saya cuek-cuek saja dengan teman-teman dibawah. Ketika saya terlalu asyik makan kersen dipohon, tiba tiba saya dikejutkan oleh teriakan teman saya “ULARRR…!!” dan BRUUKK..!!!  Saya terjatuh dari atas pohon. Pohon itu cukup tinggi sekitar 3 meter. Bibir mencium tanah dan gigi terlepas dari mulut saya. Kalian bisa membayangkan bagaimana keadaan saya pada waktu itu.
Suara tawaan terdengar sinis, tetapi mereka juga mempunyai rasa kasian kepada saya. Suara itu pasti diperuntukkan untuk saya! Tidak lama teman-teman membantu saya untuk bangun. Alhamdulillah akhirnya saya bisa bangun. Rambut saya kusut, sudah dipenuhi dengan tanah dan beberapa lembar daun yang kecil. Layaknya seperti tarzan.. Ketika saya bangkit, rasanya malu sekali! Teman-teman sudah berkumpul di sekeliling saya dan sudah pasti dengan tawaan mereka. Tapi mereka juga ikut membantu membersihkan rambut saya dan membawa saya kedalam rumah.
Dari kecil saya selalu membuat masalah dan suka bertindak aneh, seperti memasukkan pasir kedalam gentong tempat nenek saya masak, memasukkan sabun kedalam air yang sedang dimasak dan masih banyak lagi.
Masa kecil saya banyak hal-hal yang memalukan sehingga orang-orang menganggap saya anak yang aneh.
                Saya melalui jenjang pendidikan TK, SD, SMP, dan kini SMA. Saya masuk  TK Pertiwi I yang terletak di Desa Gedongsari, Banjarejo-Blora pada tahun 2001 dan lulus 2002. Kemudian saya menjalani pendidikan SD di 3 tempat. Pertama di MI Islamiyah Gedongsari , lalu di SD N Gedangdowo I dan akhirnya saya lulus di SD N Gedongsari I tahun 2008. Setelah itu masuk di SMP Negeri 1 Blora yang merupakan sekolah terfavorit di Blora waktu itu. Dan pastinya itu adalah sekolah impian saya sejak kelas 4 SD. Kini saya masuk di SMA N 1 Lasem dijalan Sunan Bonang KM 01 Kelurahan Ngemplak, Lasem-Rembang pada tahun 2011 dan saya juga mondok di Pondok Pesatren Nailunnajah, Lasem seperti adik saya.
 Sewaktu SD saya selalu mendapat peringkat dan kemampuan saya terletak di pelajaran bahasa Indonesia, terbukti saya mengikuti Lomba Pidato Bahasa Indonesia . Walaupun hanya mendapat juara II. Pada waktu SD, ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah Drum Band. Saya amat senag dengan Drum Band . Saya mulai menggemari musik gara-gara mengikuti Drum Band . Sejak SD kelas 5, saya mulai hobi mendengarkan musik, sejak saat itu pula saya mulai memfavoritkan grup band D’masiv . Saya sangat menyukai aliran musik melow D’masiv.
            Ketika SMP, saya juga selalu mendapat peringkat paling rendah peringkat 10. Pelajaran yang saya favoritkan waktu SMP adalah dibidang bahasa seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa terutama Bahasa Inggris.
Saya selalu mendapat banyak teman akrab saat SD, SMP, dan SMA tapi bukan dengan orang-orang yang sama.
Guru yang paling saya favoritkan ada ketika saya SD yaitu Pak Gani. Dan ketika SMP saya memfavoritkan Pak Bachrus. Ia guru yang aneh dan sangat menyebalkan, tapi ia selalu membuat kami tertawa dengan tingkah konyolnya. Waktu SMA yaitu Pak Hisyam, ia juga hampir sama konyolnya dengan Pak Bachrus. Walaupun begitu, mereka tetap menjadi guru yang baik.
                Hobi yang paling saya sukai ialah menulis diary, membuat cerita, mendengarkan music dan membaca novel-novel Indonesia maupun novel luar. Saya suka membaca buku yang menginspirasi! Itu buku yang paling saya favoritkan daripada buku pelajaran. Contohnya buku APOLOGIA yang berisi Pidato Pembelaan Socrates yang diabadika loeh Plato muridnya. Socrates selalu berjalan-jalan di lorong-lorong Kota Athena dan alun-alun kota Athena. Ia hobi bertanya kepada rakyat-rakyat Athena dalam hal apapun. Ia tidak merasa pintar walaupun sebenarnya dia adalah seorang yang pintar dan cerdas. Ia dihukum mati karena filosofinya dianggap menyimpang dari ajaran. Socrates tidak pernah menulis buku, akan tetapi opini opininya selalu dicatat oleh Plato. Kata- kata Socrates yang paling aku ingat adalah “orang yang paling bijak adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya tidak tahu”.
Saya bukanlah anak yang rajin membaca buku sekolah, saya lebih menyukai belajar dengan mendengarkan penjelasan dari Guru karena saya bukanlah seorang yang autodidak, saya juga suka  belajar lewat praktek, dan belajar lewat pengalaman orang lain atau diri saya sendiri.
              Saya hobi menulis diary karena saya hanya percaya rahasia-rahasia saya pada diary. Saat saya sedang bahagia, sedih, marah, gundah dan lain-lain, yang paling mengetahui perasaan saya adalah dairy saya. Saya suka membuat cerita karena itu melatih saya dalam berimajinasi. Sedangkan mendengarkan music saya sukai karena jiwa saya bias terhibur dan pasti semua orang juga menyukainya. Musik yang paling saya sukai adalah music Barat seperti Avril Lavigne, Secondad Serenade dan masih banyak lagi. Saya menyukai music Pop Indonesia. Tetapi hanya beberapa saja. Yang paling saya suka adalah music-musik karya D’masiv.
Saya merupakan orang yang cuek dan tidak memperhatikan hal-hal sepele disekitar. Tapi, disisi lain saya orang yang humoris dan pandai beradaptasi di lingkungan yang baru. Saya orangnya simple dan natural. Menurut teman-teman, saya orangnya konyol dan nyeleneh.. Itu karna saya orangya lucu . Kadangkala saya suka bermimpi seperti Aray dalam film Sang Pemimpi.
Nilai-nilai moral dalam diri saya, tetap tenang walau badai menghadang.
                Nabi Muhammad, Bapak dan Ibu, para penemu dunia dan kakak saya adalah tokoh idola saya. Saya juga mengidolakan Doraemon sejak SMP karena Doraemon mempunyai kantong ajaib yang berisi alat-alat canggih. Ia menginspirasi saya untuk menjadi seorang penemu.
Prinsip saya, Ketika saya menginginkan sesuatu yang belum pernah saya saya miliki, saya haruslah melakukan sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Prinsip iu saya dapatkan dari Ustadz yang mengajari kitab di Pondok Pesantren saya.
                Menjadi dokter adalah cita-cita saya sejak sebelum sekolah sampai kelas 4 SD. Lalu ketika kelas 5 SD, saya ingin menjadi Polwan karena saat itu saya terinspirasi oleh Ayah sahabat saya. Ketika kelas 3 SMP, saya ingin menjadi penulis cerpen, novel dan karya tulis lainnya. Dan sejak SMA ini, saya ingin menciptakan lapangan kerja baru agar rakyat Indonesia tidak banyak yang pengangguran. Mungkin bila saya mau, saya akan memilih keduanya!! Hehe..
Demi bangsa ini, berusahalah menggapai apa yang kita inginkan dan janganlah terpengaruh oleh orang lain! Kita bebas bermimpi seperti Aray. Bermimpilah!
                Sepertinya cukup itu saja yang saya ceritakan. Terimakasih kalian telah membacanya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.



Naily Makarima


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar